DAPUNTA HYANG pendiri SRIWIJAYA bukan orang melayu

Posted in the Malaysia Forum

First Prev
of 8
Next Last
Tubagus Rangga Lawe

United States

#1 Jun 16, 2012
FAKTA YANG TAK TERBANTAHKAN
Anonymous

United States

#2 Jun 17, 2012
sebelem gw posting asal usul dapunta hyang gw mo ajukan beberap prtanyaan kepada formalay tentunya jg hoax..dan jgn tunjukan kebodohan.
pertanyaan gw :
1. setelah dapunta HYANG adakah raja sriwijaya yg memakai gelar HYANG..
2.adakah kosakata melayu kuno dgn kata hyang..
dua saja cukup.. gw butuh jawabn yg konkrit..
Ayu ping ping

Hong Kong

#3 Jun 17, 2012
Gue nyimak aja..
ora mangan

Kuala Lumpur, Malaysia

#4 Jun 17, 2012
wakakakkakak :D
MALINGSIAL

Indonesia

#5 Jun 17, 2012
di buku sd gua emang gitu kaleeeeeeeee
Anonymous

United States

#6 Jun 17, 2012
ternyata formalon takut gw gamparin di TS ini.. mash gw tunggu jawaban dri dua prtanyaan gw di atas
ora mangan

Kuala Lumpur, Malaysia

#7 Jun 17, 2012
wakakakakkakak!:D
ora mangan

Kuala Lumpur, Malaysia

#8 Jun 17, 2012
RANGGA LAWE wrote:
ternyata formalon takut gw gamparin di TS ini.. mash gw tunggu jawaban dri dua prtanyaan gw di atas
apa bukti dapunta hiyang srijayanasa bukan orang melayu? muahehhehe :D
Anonymous

United States

#9 Jun 17, 2012
ora mangan wrote:
<quoted text>apa bukti dapunta hiyang srijayanasa bukan orang melayu? muahehhehe :D
jawab dulu 2 prtanyaan diatas.. ingat jawabannya brdasrkan fakta dan logika ya...
PDI-P juru fitnah

Kajang, Malaysia

#10 Jun 17, 2012
perkataan hyang bukan terdapat dalam bahasa sunda saja. dalam bahasa melayu pon ada perkataan moyang. lepas ni mesti dia tanya lagi apa kaitan moyang dengan hyang

pathetic ignorance

:-)
Bebek Peking

United States

#11 Jun 17, 2012
Malon bingung bro.. sejarah Malon tak pernah wujud sehingga Rafles dari British ternak mereka di Semenanjung.

OMG !
ora mangan

Kuala Lumpur, Malaysia

#12 Jun 17, 2012
RANGGA LAWE wrote:
<quoted text>jawab dulu 2 prtanyaan diatas.. ingat jawabannya brdasrkan fakta dan logika ya...
kih kih kih sekarang kau yg persoalkan dapunta hyang bukan orang2 melayu so buktikanlah? kenapa pulak kami nak buktikan plak? huhauhauhauhau :D
Anonymous

United States

#13 Jun 17, 2012
@ PDI-P JURUFITNAH
jangan ko tunjukan kebodohanmu..(jadi bahan trtawaan forindo).
@ ora mangan
klo ko tak dapat jawab akui sajalah.. kejujuran yg sy harapkan
Anonymous

United States

#14 Jun 17, 2012
belum ada yg bisa jawab ya atas pertanyan trsb.. ayu jawab bro kalo ceritanya mo dilanjut..
Pahlawan Rentap

Kuala Lumpur, Malaysia

#15 Jun 17, 2012
Percubaan nasionalis jawa menghilangkan melayu dari Indonesia,,,, :)
Pahlawan Rentap

Kuala Lumpur, Malaysia

#16 Jun 17, 2012
Istilah "Hyang" juga ada dalam Bahasa MelayuIstilah "Hyang" bisa ditemukan pada prasasti-prasasti yang Berbahasa Melayu Kuna.

Dari prasasti Kedukan Bukit, didapatkan data-data sebagai berikut:

1. Dapunta Hyang naik perahu tanggal 11 Waisaka 604 (23 April 682) 2. Dapunta Hyang berangkat dari Minanga tanggal 7 Jesta (19 Mei) dengan membawa lebih dari 20.000 balatentara. Rombongan lalu tiba di Muka Upang. 3. Dapunta Hyang membuat ‘wanua’ tanggal 5 Asada (16 Juni)

Dari prasasti Talang Tuwo:

niparvuat parvan dapunta "hyang" Cri Yayanaca (-ga) ini pranidhanan dapunta "hyang" savanakna yang nitanam di sini.

-- Di sini, "Hyang" dalam Bahasa Melayu Kuna berarti "sesuatu yang paling tinggi
Anonymous

United States

#17 Jun 17, 2012
bro pahlawan rentap
dari sekian banyak formalay.. ente yg paling RASIONAL.. ane hargai ente..
sebelum ane kupas tentang asal DAPUNTA hyang.. adakah raja2 sailendra yg brgelar hyang..
prlu ane ralat bro kata hyang brasal dri tanah pasundan..
Anonymous

United States

#18 Jun 18, 2012
kata hyang dipulau jawa ditujukan untuk nama tuhan dan dewa
hyang widhi/hyang tunggal = tuhan yg mahesa
hyang manon = yang maha melihat.
hyang murbeng = penguasa alam semesta.
setelah hindu masuk ketanah jawa kata hyang digunakan untuk penyebutan dewa2
sang hyang wisnu
sang hyang brahma
sahyang siwa.
sang hyang bayu
dipasundan(jawa barat) kata HYANG digunakan tidak sebatas untuk penyebutann TUHAN atau DEWA.. tapi digunakan untuk gelar RAJA2.
jd kesimpulan’
HYANG = maha agung/tertinggi/kmulyaan
cux

Jakarta, Indonesia

#19 Jun 18, 2012
iya hyang itu beda banget artinya dengan moyang

kalau moyang itu leluhur

kalau hyang itu raja / yang kuasa

dan emang gak ada raja melayu yang pake gelaran hyang cari aja raja malaysial yang ada gelar hyang nya
Anonymous

United States

#20 Jun 18, 2012
@ cux
benar sekali bro raja2 empayar melayu pra islam, hanya pendiri sri wijaya saja yg menggunakan gelar hyang.. generasi brikutnya gk ada yg memakainya.. dan hanya memakai gelar SRI saja.. sebelum sy kupas tentang asal dapunta hyang!! sy akan awali tentang raja-raja sunda-jawa sebelum jaman matarm dan sriwijaya
“brsambung”..

Tell me when this thread is updated:

Subscribe Now Add to my Tracker
First Prev
of 8
Next Last

Add your comments below

Characters left: 4000

Please note by submitting this form you acknowledge that you have read the Terms of Service and the comment you are posting is in compliance with such terms. Be polite. Inappropriate posts may be removed by the moderator. Send us your feedback.

Malaysia Discussions

Title Updated Last By Comments
DEBAT ISLAM VS KRISTEN. Fakta: ISLAM GAK AKAN M... (Jun '13) 11 min anak kecil 75,857
ALUTSISTA RAHASIA buatan INDONESIA (Aug '12) 14 min cino babi 62,799
Aku Ingin Chinese pergi dari Negara Indonesia d... (May '10) 20 min Islam anjing 7,178
Negara Terbaik Untuk Berbisnis: Malaysia Masuk ... (Oct '13) 25 min Crush Em 2013 1,851
JAKARTA VS KUALA LUMPUR , Menurut agan Gimana ? (Jul '12) 30 min City boy 261
Female bank CEOs deepen Malaysia expertise pool 1 hr Crush Em 2013 1
Trit Berita2 Ekonomi dan Bisnes Dunia (Feb '14) 1 hr Crush Em 2013 214
AKU GAY mau isap KONTOL/KOTE (Mar '10) 2 hr ilay top 9,419
Saya baby mila , cewek bispak (Apr '08) 14 hr penis 13,079
•••

Malaysia People Search

Addresses and phone numbers for FREE

•••