Lagu Jali-Jali Asli Betawi Dicaplok Malasyia !!!

Posted in the Malaysia Forum

First Prev
of 9
Next Last
Pitung

Tangerang, Indonesia

#1 Nov 25, 2007
Belum lama kita mendengar kontroversi mengenai Lagu Rasa Sayange yang diklaim milik Malaysia. Kini lagu Jali-Jali kembali menuai ketidakjelasan, apakah berasal dari Malaysia atau Indonesia?.

Hal ini terbukti pada kisah seorang mahasiswi yang belajar di Malaysia, Hanindita. Tanpa sengaja Hanindita mendengar lagu tersebut diputar ketika ia sedang menaiki bis FKKKSA.

"...ini dia si jali-jali, lagu nya enak, lagu nya enak, merdu sekali....". lalu ia mengatakan bahwa,pikiran nya oh not another stealing please.

Berikut komentar Hanindita , gw dengerin aja tu lagu gw inget ada text nya yang "lagu nya enak dari betawi" [well kalo g salah sih gitu, pokoknya ada betawi betawinya]. Gw mencoba tetep positive thinking bahwa lagu jali jali hanya sekedar diputer aja di radio, tanpa merubah text apapun. tapi lama lama kok lirik nya semakin beraroma melayu . Gw tunggu in lagi..gw denger dengan seksama, dan guess what i heard my dear indonesia fellows,"ini dia si jali jali, lagu nya enak dari langkawi". gw lupa lirik exactnya, yang jelas insted of nyebut BETAWI, dia bilang LANGKAWI and i was like,,what..?? sejak kapan si jali jali pindah ke LANGKAWI..?

-langkawi is an island in Malaysia, tempat liburan, mungkin seperti Bali nya Indonesia ya,,mungkin.

Selain itu lagu Jali-jali juga di rubah dalam lirik lain versi melayu. Berikut cuplikan videonnya.

Dari kejadian ini, Tim Bangfauzi.com mencoba menelusuri siapa sebenarnya pencipta dan yang berhak mengakui lagu Jali-Jali tersebut. Apakah Indonesia atau Malaysia?.

Untuk itu, kami akan mengkroscek ke Dinas Kebudayaan, Lembaga Kebudayaan Betawi, Bamus Betawi dan para tokoh seni yang paham akan hal ini.

Tunggu saja hasil penulusuran Tim Bangfauzi.com agar masalah ini selesai dengan baik siapa yang berhak mengakui lagu tersebut.

“wAnkiNg i$ n0t a criMe”

Since: Jul 07

Ab$0LuTe $eN$e 0f Mi$$i0N

#2 Nov 25, 2007
ahh pala butoh kau la!manjang nak kata curi lagu kau!hambik sume lagu yang ada dalam dunia ni sumer kau punyer!akai ada ke ko?baru nak buat kaji selidik kau dah kata msia curi lagu kau.
..........
dan guess what i heard my dear indonesia fellows,"ini dia si jali jali, lagu nya enak dari langkawi". gw lupa lirik exactnya, yang jelas insted of nyebut BETAWI, dia bilang LANGKAWI and i was like,,what..?? sejak kapan si jali jali pindah ke LANGKAWI..?

lirik dia pun sendiri kau tak pasti, kau sebenarnya tak menghargai lagu tu then kau nak claim plak msia curi lagu kau?
Mega

Tangerang, Indonesia

#3 Nov 25, 2007
Memang Sudah Berapa Malingsia Merampok Kebudayaan Indoensia

“f0RGiv3N, n0t F0rgotT3n”

Since: Sep 07

KUala Lumpur n0 1

#4 Nov 25, 2007
pabila manusia ketandusan idea dan kehilangan kata-2....

beginilah jadinya.......

jum, lari tajuk!
Barudak Bandung

Jakarta, Indonesia

#5 Nov 25, 2007
Boss, liat di youtube under Benyamin S. Itu lagu dipake buat film di Indonesia since 1970's! And you said we steal it from you? Hah! Mana ada mangga udang di Malingsia. Ketauan itu budaya Betawi. Gak bakalan bisa diilangin. Maling mah maling aja.

Since: Nov 07

Jakarta, Indonesia

#6 Nov 25, 2007
malingsia maling sebenar benarnya....

“wAnkiNg i$ n0t a criMe”

Since: Jul 07

Ab$0LuTe $eN$e 0f Mi$$i0N

#7 Nov 25, 2007
lepas ni aku nak curi pulak presiden kau buat jadi opis boy aku.lepas tu mgg depan kau bukak thread baru ye'malaysia maling bapak mambang bodohyono'
Cok Lie

Jakarta, Indonesia

#8 Nov 25, 2007
tak punya urat kemaluan kah para maling kleptomania ini??? menjijikkan...
Najeb

Tangerang, Indonesia

#9 Nov 25, 2007
This Ist Not Good

MALASYIA IST MONKEY
Mat Item

Tangerang, Indonesia

#10 Nov 25, 2007
Gue Lihat Kedubes Di Kampungan gue ( Kuningan Jakarta ) rasannya gue mau bakar aja ,, ANJING LOE MALINGSIA

LAGIAN MUNGKIN BENER KATA MAMA LAURENT , SEKARANG AAJA MALLINGISA NEGERANNYA LAGI RUSUH !!!!

“They don't know”

Since: Nov 07

that they're dumb!

#12 Nov 25, 2007
just another story from malingsia country.
lack of idea, lack of creativity, their cultures is stolen from their neighborhood.
shakila

Jakarta, Indonesia

#13 Nov 25, 2007
kita tuh cuma mau bilang kalau kamu malaysia sudah mengambil banyak sekali lagu dan budaya kami
tapi kamu nggak ngerti juga dan selalu balik marah kepada kami.

sebenarnya kamu tau nggak sih yang mana budaya asli malaysia dan budaya asli negara lain.

setiap kesenian pasti memiliki ciri khas.

contoh :
lagu jali jali, musiknya gambang
dan lirik maupun cara menyanyikan semua orang langsung tau kalau itu berasal dari betawi.

musik SUNDA yang kamu pakai untuk "malay dance", SUNDA itu gamelannya khas sekali loh beda banget sama musik melayu
kan aneh kalau suatu saat saya lihat lagi tarian semacam "malay dance 1, 2 etc." memakai gamelan SUNDA dan sindennya nyanyi " BAJING Luncat BAJING Luncat Ka ASTANA" ...." TEU SAE NGOBROL DIJALAN "

kalau cuma dipakai OK!
tapi jangan kamu bilang sebagai kesenian asli kamu

ini tuh sama aja kalau malay dance tapi musiknya TANGO.
kan langsung ketauan bedanya.

REOG...
kamu akui REOG sebagai BARONGAN ya
tapi malaysia pesan semua atributnya dari PONOROGO.

bagaimana kamu mau jelaskan itu...bagaimana kami nggak marah.
masa sih kamu yang makan nangka kami yang kena getahnya.
padahal nangkanya dari kebun kami.

Since: Nov 07

Jakarta, Indonesia

#14 Nov 25, 2007
maria kambeng wrote:
pabila manusia ketandusan idea dan kehilangan kata-2....
beginilah jadinya.......
jum, lari tajuk!
Eh..........
Ke laut aja deh lo !!!!1
Memek

Tangerang, Indonesia

#15 Nov 25, 2007
Malingsia KONTOL DAN MEMEK !!!
Mis Ayu

Tangerang, Indonesia

#16 Nov 25, 2007
JANGAN MAU JADI JONGOSNNYA BADAWI , MAJU TERUS KAMI DUKUNG DEMI BEBASNNYA SARAWAK

Since: Oct 07

Bekasi

#17 Nov 26, 2007
iniiii dia si jali jali ...
lagunya enakk lagunya enak merdu sekalii
capek sedikit tidak perdulii tuan
asalkan tuan, asalkan tuan senang di hatii

sekalian aja .. ayo malingsia .. bisa bajak MANUK DADALI gak
Daruk

Tangerang, Indonesia

#19 Nov 26, 2007
Elite Politik Malingsia Angkuh

Jakarta, kompas - Mantan Wakil PM Malingsia Anwar Ibrahim meminta agar Indonesia membedakan pandangan umum rakyat Malingsia terhadap Indonesia dengan sikap yang diambil Pemerintah Malingsia.

"Politik (Malingsia) sekarang sangat jelek dan sentimen rakyatnya harus dididik. Orang Malingsia bukannya tidak peduli dengan apa yang terjadi, tetapi dia tidak tahu karena media tidak memberitakan sama sekali," kata tokoh yang pernah dipenjarakan semasa Mahathir Mohamad berkuasa itu.

Anwar datang ke Jakarta untuk menyampaikan pandangannya mengenai hubungan Indonesia-Malingsia atas undangan The Habibie Center, Senin (29/10).

Oleh karena tidak diberitakan media, kalaupun diberitakan sangat kecil porsinya, tambah Anwar, rakyat Malingsia tidak tahu apa yang terjadi sehingga sering kali menganggap mengapa rakyat Indonesia begitu cemburu dengan keberhasilan Malingsia. "Bukan itu soalnya," tegasnya.

Dia mengajak seluruh rakyat Indonesia maupun rakyat Malingsia untuk memiliki pemahaman mendalam mengenai saudara dan tetangganya itu, sebagaimana dimiliki para tokoh kedua negara pada masa lalu. "Isu menjadi panas justru karena keadaan sudah gawat. Sudah hilang rasa kasih sebagai tetangga, sahabat, sehingga isu yang kecil pun menjadi panas," kata tokoh oposisi itu.

Anwar menyesalkan sikap elite politik di Malingsia yang seolah-olah hanya kenal Indonesia dari para pekerja kasar dan pekerja tanpa izin. "Kita lupa, kita kenal Indonesia dari tokoh-tokoh besar, para sastrawan besar, Soekarno-Hatta. Tidak ada penyair Malingsia yang bisa menandingi Khairil Anwar dan Rendra sampai sekarang ataupun karya-karya pujangga itu. Ini masalah politik yang dangkal. Bagi mereka soal itu tak penting," jelasnya.

Anwar pun dengan panjang lebih mengutarakan bagaimana tergantungnya Malingsia kepada Indonesia pascamendapatkan kemerdekaan pada 1957. Ketika itu, puluhan ribu dokter, ahli teknik, guru dari Indonesia didatangkan untuk meningkatkan kemampuan warga Melayu yang jauh ketinggalan dari warga China.

"Ini yang selalu saya ingatkan di Malingsia. Janganlah kasus TKI menghapuskan sejarah. Malingsia pernah sangat tergantung pada Indonesia. Harus ada keseimbangan," tuturnya.

Rendah hati

Ditegaskan, Malingsia bisa tetap banyak belajar dari Indonesia dalam banyak hal, bukan hanya demokrasi dan reformasi. Indonesia juga bisa belajar dari Malingsia dalam meletakkan sistem makro- ekonomi yang lebih meyakinkan. "Kedua-duanya harus belajar untuk lebih rendah hati dan bersungguh-sungguh melihat kepentingan lebih besar," paparnya.

Ketika ditanya mengenai penggunaan lagu Rasa Sayange dan Jali-jali, Anwar mengatakan, memang tidak ada salahnya mengatakan, memang betul itu lagu Indonesia, tetapi kami minta pengertian untuk kami anggap sebagai budaya kami. "Sebagai elite itu seharusnya punya kerendahan hati," paparnya.

Oleh karena itulah Anwar mengkritik keras penggunaan cara hukuman, bahkan penyitaan harta, milik para TKI yang terkena operasi pekerja ilegal. "Ini urusan manusia, karena itu harus ada dimensi manusianya. Jangan semata-mata menggunakan hukuman keras," ujarnya.

Anwar mengakui, dalam kenyataannya, mayoritas rakyat Malingsia masih lebih suka bekerja sama dengan anak-anak dari Indonesia.(OKI)
Mr Blah

Brisbane, Australia

#20 Nov 26, 2007
Malasy' Country Stupied !!!!!
Mr Blah

Wuhan, China

#21 Nov 26, 2007
KHUHUHU, Nak Nanti Barobudur Claimed By Malay
Mat Sani

Tangerang, Indonesia

#22 Nov 26, 2007
Hidup Betawi Hidup Bang Fauzi Bowo

Tell me when this thread is updated:

Subscribe Now Add to my Tracker
First Prev
of 9
Next Last

Add your comments below

Characters left: 4000

Please note by submitting this form you acknowledge that you have read the Terms of Service and the comment you are posting is in compliance with such terms. Be polite. Inappropriate posts may be removed by the moderator. Send us your feedback.

Malaysia Discussions

Title Updated Last By Comments
Kandangan cing ae ! (Mar '10) 2 min Datuk Derdahak 424
What song are you listening to right now? (Feb '11) 6 min Kal_El 10,353
Kenapa Indon Berkelakuan Aneh Di Forum? 7 min Datuk Derdahak 76
DEBAT ISLAM VS KRISTEN. Fakta: ISLAM GAK AKAN M... (Jun '13) 9 min anak kecil 83,132
Makan TAHI BERLENDIR..wow..Sedap nyer (Mar '09) 11 min Akim97 6,190
AKU GAY mau isap KONTOL/KOTE (Mar '10) 31 min sange 9,563
Pm najib cium tangan Mr.Jokowi 32 min Amah 7
ALUTSISTA RAHASIA buatan INDONESIA (Aug '12) 1 hr Datuk Derdahak 62,860
Saya baby mila , cewek bispak (Apr '08) 2 hr no name 13,197
FORUM LONTE/GIGOLO (Silakan Isi) (Jul '09) 6 hr Ardhi 27,638

Malaysia People Search

Addresses and phone numbers for FREE