Pemelayuan Jawa Bugis Minang Sunda Batak Dayak etc di malaysia

Posted in the Malaysia Forum

First Prev
of 7
Next Last
ngikik

Asia/Pacific Region

#1 May 5, 2012
Di thread ini saya akan dedahkan kelicikan melayu malaysia terhadap suku-suku lain.

Pertama saya akan jelaskan apa itu melayu menurut mereka. Mengikut Perlembagaan Persekutuan........ definisi seorang Melayu ialah individu yang memenuhi tiga criteria;
1) mengamal adat Melayu
2) berbahasa Melayu
3) beragama Islam.

Apa yang terjadi di malaysia adalah kelicikan yang luarbiasa untuk menghapus secara sistematis adat istiadat dan pemakaian bahasa suku-suku lain. Di sana orang suku jawa minang bugis toraja batak dayak dan lain-lain sudah tidak mengamalkan adat istiadat budaya dan bahasanya masing-masing. Semua dimelayukan secara sistematis melalui konstitusi/perlembagaan. Secara mudah kita lihat saja misalnya di acara pernikahan di malaysia, masih adakah orang keturunan suku-suku bangsa itu mengamalkan adat istiadat upacara ritual sukunya? Ney Nehi Non Tidak Nope! Semua sudah dimelayukan sehingga adat-istiadat itu pelan-pelan punah!. Semua sudah dipaksa secara sistematis untuk mengamalkan budaya dan adat istiadat melayu.

Liciknya lagi mereka hanya memakai produk budaya suku-suku itu hanya untuk kepentingan komersial di sektor tourism. Mereka menyajikan wayang kulit, alat-alat musik tradisional, makanan tradisional, kain tradisional hanya untuk dijual dan diklaim bahwa itu produk hasil budayanya. Padahal seperti kita ketahui, mereka itu hanya mengimpor produk2 itu dari negara asalnya (Indonesia), karena seperti yg saya jelaskan di atas bahwa suku2 itu di malaysia sudah kehilangan jati dirinya sudah tidak mampu lagi memproduksi produk budaya.

Awal argumen saya cukup sekian, mari diskusi berdebat tanpa caci maki.
Damai :)
Kristen muka kadal

Los Angeles, CA

#2 May 5, 2012
Gak penting thread kristen bego
ngikik

Asia/Pacific Region

#3 May 5, 2012
^^^
Marilah berdamai, jauhi kata-kata kesat caci maki, jangan menggunakan argumentum ad hominem.

Damai :)
ngikik

Asia/Pacific Region

#4 May 5, 2012
Sudah saatnya kita buka case pemelayuan massal ini ke dunia internasional.
puma

Kuala Lumpur, Malaysia

#5 May 5, 2012
Sekadar tanya...pernahkan anda tinggal di malaysia sehingga anda begitu yakin dgn apa yg anda utarakan,,,???

Since: Dec 11

Location hidden

#6 May 5, 2012
setuju sama TS.. Tujuannya untuk mengekalkan kekuasaan UMNO dan sistem beraja di Malingsia..
ngikik

Asia/Pacific Region

#7 May 5, 2012
puma wrote:
Sekadar tanya...pernahkan anda tinggal di malaysia sehingga anda begitu yakin dgn apa yg anda utarakan,,,???
Sebenarnya pernah saya ulas beberapa tahun yang lalu soal bahasa Jawa yang dituturkan di Malaysia. Masyarakat Keturunan Jawa (bukan WNI apalagi TKI) yang berada di Malaysia sudah eksis semenjak Malaka berdiri dan mencapai puncak migrasinya pada abad ke-19 hingga masa penjajahan Jepang di era tahun 1940an. Jumlah orang Malaysia berketurunan Jawa (baik yang masih murni maupun campuran) diperkirakan mencapai 1-2 juta jiwa, tersebar di hampir seluruh wilayah Malaysia, namun konsentrasi terbesar berada di tiga negara bagian, yakni :
1. Johor (khususnya Johor bagian barat antara Muar hingga Pontian)
2. Selangor (banyak terdapat di kawasan Sabak Bernam, Tanjung Karang, Banting dll)
3. Perak (terutama Perak bagian selatan)

Masyarakat Jawa Malaysia sendiri asal mulanya dari berbagai wilayah di Jawa, baik Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Namun yang sekiranya wilayah asal yang menonjol antara lain Ponorogo, Pacitan, Pantai Utara Jawa Tengah hingga kawasan Kedu-Bagelen (antara Temanggung hingga Purworejo). Seluruh masyarakat keturunan Jawa di Malaysia umumnya beragama Islam dan menerapkan adat resam Melayu dimana adat-adat Jawa mulai ditinggalkan. Itu mungkin yang jadi keheranan sebagian orang Jawa Malaysia khususnya yang belum pernah ke tanah leluhur, mengapa orang Jawa Indonesia tidak semua beragama Islam dan masih banyak yg menerapkan adat leluhur.

Bahasa Jawa yang dituturkan di Malaysia sendiri juga kian tergeser dengan penggunaan bahasa Melayu. Ramai orangtua keturunan Jawa yang tidak mewariskan bahasa ini kepada anak-anaknya, atau menjadikan bahasa Jawa sebagai bahasa rahasia antar suami istri, sementara kepada anak mereka berbahasa Melayu.
Dalam keseharianpun mereka membaurkannya dengan kata-kata bahasa Melayu atau bahasa Inggris yang diserap dalam bahasa Melayu.

Mahu bukti? saya cabar forumer malaysia di sini yg merasa keturunan jawa (walaupun derhaka), untuk bertutur dengan bahasa jawa krama inggil.
gardenia cantik

Puchong, Malaysia

#8 May 5, 2012
ngikik wrote:
Di thread ini saya akan dedahkan kelicikan melayu malaysia terhadap suku-suku lain.
Pertama saya akan jelaskan apa itu melayu menurut mereka. Mengikut Perlembagaan Persekutuan........ definisi seorang Melayu ialah individu yang memenuhi tiga criteria;
1) mengamal adat Melayu
2) berbahasa Melayu
3) beragama Islam.
Apa yang terjadi di malaysia adalah kelicikan yang luarbiasa untuk menghapus secara sistematis adat istiadat dan pemakaian bahasa suku-suku lain. Di sana orang suku jawa minang bugis toraja batak dayak dan lain-lain sudah tidak mengamalkan adat istiadat budaya dan bahasanya masing-masing. Semua dimelayukan secara sistematis melalui konstitusi/perlembagaan. Secara mudah kita lihat saja misalnya di acara pernikahan di malaysia, masih adakah orang keturunan suku-suku bangsa itu mengamalkan adat istiadat upacara ritual sukunya? Ney Nehi Non Tidak Nope! Semua sudah dimelayukan sehingga adat-istiadat itu pelan-pelan punah!. Semua sudah dipaksa secara sistematis untuk mengamalkan budaya dan adat istiadat melayu.
Liciknya lagi mereka hanya memakai produk budaya suku-suku itu hanya untuk kepentingan komersial di sektor tourism. Mereka menyajikan wayang kulit, alat-alat musik tradisional, makanan tradisional, kain tradisional hanya untuk dijual dan diklaim bahwa itu produk hasil budayanya. Padahal seperti kita ketahui, mereka itu hanya mengimpor produk2 itu dari negara asalnya (Indonesia), karena seperti yg saya jelaskan di atas bahwa suku2 itu di malaysia sudah kehilangan jati dirinya sudah tidak mampu lagi memproduksi produk budaya.
Awal argumen saya cukup sekian, mari diskusi berdebat tanpa caci maki.
Damai :)
Kitorang tak kisah di melayukan..Sbbtu kitaorang lebih bersatu dari kalian..Jarang terjadi bentrok-bentrokan antara kami di sini..X mcm kalian..

Ya memang di ic melayu tp kami bebas mengunakan bahasa dan kebudayaan kami sendiri..Spt Minang bertutur bahasa minang,masak masakan minang,adat budaya minang

Aku turunan bugis tp x pandai cakap bugis but who cares?
ngikik

Asia/Pacific Region

#9 May 5, 2012
Aku turunan bugis tp x pandai cakap bugis but who cares?

___

See?

Damai :)
puma

Kuala Lumpur, Malaysia

#13 May 6, 2012
Gue keturunan madura,tp gua gk bisa brbahasa madura dgn lancar krn gue di lahirkan di kota baru kalimantan selatan dgn mayoritas masyarakatnya dr suku bugis mandar.kedua org tua gua mnggunakan bhs indonesia ama gue.gue bermain di sana,membesar di sana & sekolah di sana,jd bahasa gue sehari2nya mggunakn bshasa bugis mandar & bkn bhs madura.skrg gua dh jd org malaysia & bahasa yg gue gunakan bhs melayu,hehee....
ngikik

Asia/Pacific Region

#14 May 6, 2012
puma wrote:
Gue keturunan madura,tp gua gk bisa brbahasa madura dgn lancar krn gue di lahirkan di kota baru kalimantan selatan dgn mayoritas masyarakatnya dr suku bugis mandar.kedua org tua gua mnggunakan bhs indonesia ama gue.gue bermain di sana,membesar di sana & sekolah di sana,jd bahasa gue sehari2nya mggunakn bshasa bugis mandar & bkn bhs madura.skrg gua dh jd org malaysia & bahasa yg gue gunakan bhs melayu,hehee....
Terimakasih sudah mendukung hipothesa saya.

Damai :)
puma

Kuala Lumpur, Malaysia

#15 May 6, 2012
ngikik wrote:
<quoted text>
Terimakasih sudah mendukung hipothesa saya.
Damai :)
ternyata soal bahasa itu bkn hanya berlaku di malaysia aja kan,tp juga bisa berlaku di dlm Indonesia itu sendiri.
ngikik

Asia/Pacific Region

#16 May 6, 2012
puma wrote:
<quoted text> ternyata soal bahasa itu bkn hanya berlaku di malaysia aja kan,tp juga bisa berlaku di dlm Indonesia itu sendiri.
Maybe ada juga yg seperti itu.
Tapi tidak seperti pemelayuan secara sistematis dan konstitusif, diundangkan dalam perlembagaan.
NKRI YOUNGS

Citeureup, Indonesia

#17 May 6, 2012
puma wrote:
Sekadar tanya...pernahkan anda tinggal di malaysia sehingga anda begitu yakin dgn apa yg anda utarakan,,,???
bertahun2 saya dimalaysia,memang macam tu sebenarnya...tak payah awak nak tutup2 ...!
anak minang

United States

#18 May 6, 2012
sy sendri asal minang tp tidak tahu bhasa minang. namun sy msih mengamalkan adat minang dlm soal perkahwinan dan adat perpatih masih diamalkan dinegeri sy. sy juga dianggap bgsa melayu dan sy still bgga digelar org melayu. family sy juga kahwin campur dgn jawa,perak,kelantan,pahang dan melaka yg sudah pasti dr kaum yg berbeza namun smua dianggap melayu juga. so nothing about that. peace.
pengkhianat indonesia

Kajang, Malaysia

#19 May 6, 2012
MYOP takde keje lain

kihkihkih

xD
gardenia cantik

Kuantan, Malaysia

#20 May 6, 2012
ngikik wrote:
Aku turunan bugis tp x pandai cakap bugis but who cares?
___
See?
Damai :)
Kitorang tak kisah di melayukan..Sbbtu kitaorang lebih bersatu dari kalian..Jarang terjadi bentrok-bentrokan antara kami di sini..X mcm kalian..

Ya memang di ic melayu tp kami bebas mengunakan bahasa dan kebudayaan kami sendiri..Spt bugis bertutur bahasa bugis,masak masakan bugis,adat budaya bugis

Kita melayu lebih international ok,we speak english..Do U know english?
MALINGs

Indonesia

#21 May 6, 2012
orang jawa di malingsia udah lupa bahasa jawa tapi kok wayang, gamelan, barongan, keris, batik,dll gak ikutan lupa ya? anehh..^_^
tony

Kuala Terengganu, Malaysia

#22 May 6, 2012
ngikik wrote:
Di thread ini saya akan dedahkan kelicikan melayu malaysia terhadap suku-suku lain.
Pertama saya akan jelaskan apa itu melayu menurut mereka. Mengikut Perlembagaan Persekutuan........ definisi seorang Melayu ialah individu yang memenuhi tiga criteria;
1) mengamal adat Melayu
2) berbahasa Melayu
3) beragama Islam.
Apa yang terjadi di malaysia adalah kelicikan yang luarbiasa untuk menghapus secara sistematis adat istiadat dan pemakaian bahasa suku-suku lain. Di sana orang suku jawa minang bugis toraja batak dayak dan lain-lain sudah tidak mengamalkan adat istiadat budaya dan bahasanya masing-masing. Semua dimelayukan secara sistematis melalui konstitusi/perlembagaan. Secara mudah kita lihat saja misalnya di acara pernikahan di malaysia, masih adakah orang keturunan suku-suku bangsa itu mengamalkan adat istiadat upacara ritual sukunya? Ney Nehi Non Tidak Nope! Semua sudah dimelayukan sehingga adat-istiadat itu pelan-pelan punah!. Semua sudah dipaksa secara sistematis untuk mengamalkan budaya dan adat istiadat melayu.
Liciknya lagi mereka hanya memakai produk budaya suku-suku itu hanya untuk kepentingan komersial di sektor tourism. Mereka menyajikan wayang kulit, alat-alat musik tradisional, makanan tradisional, kain tradisional hanya untuk dijual dan diklaim bahwa itu produk hasil budayanya. Padahal seperti kita ketahui, mereka itu hanya mengimpor produk2 itu dari negara asalnya (Indonesia), karena seperti yg saya jelaskan di atas bahwa suku2 itu di malaysia sudah kehilangan jati dirinya sudah tidak mampu lagi memproduksi produk budaya.
Awal argumen saya cukup sekian, mari diskusi berdebat tanpa caci maki.
Damai :)
kalau pemelayuan adalah salah. cara yg betul mcm mn?
MALON COLY DITEMPAT

Jakarta, Indonesia

#23 May 6, 2012
tony wrote:
<quoted text>kalau pemelayuan adalah salah. cara yg betul mcm mn?
Pemelayuan secara paksa adalah salah !

Setiap manusia punya adat dan budaya nya masing-masing.

Jawa ya jawa bukam MELAYU !

Bugis ya bugis bukan MELAYU !

Padang ya padang bukan MELAYU !

Batak ya batak bukan MELAYU !

Sunda ya sunda bukan MELAYU !

Aceh ya aceh bukan MELAYU !

SUKU Melayu itu hanya satu diRIAU INDONESIA, bukan dimalaysia !

~ Kenapa malaysia selalu memaksakan untuk setiap suku harus dimelayukan ???

~ Harus kah JAWA jadi melayu ???(secara bahasa adat dan istiadat sudah berbeda?)

~ Harus kah BATAK jadi melayu ???(secara bahasa adat dan istiadat sudah berbeda?)

~ Harus kah semua suku HARUS JADI MELAYU DIMALAYSIAL ???

~ Sungguh PEMUSNAHAN MASAL ETNIS SECARA TIDAK LANGSUNG DIMALAYSIAL

Kah kah kah

Tell me when this thread is updated:

Subscribe Now Add to my Tracker
First Prev
of 7
Next Last

Add your comments below

Characters left: 4000

Please note by submitting this form you acknowledge that you have read the Terms of Service and the comment you are posting is in compliance with such terms. Be polite. Inappropriate posts may be removed by the moderator. Send us your feedback.

Malaysia Discussions

Title Updated Last By Comments
[Fesbuk] WNI CURHAT PINGIN PINDAH KEWARGANEGARAAN (Jan '11) 8 min psk jalang 126
Saya mendoakan Indonesia terus miskin. Amiin. 23 min rakyat indonesia 53
DEBAT ISLAM VS KRISTEN. Fakta: ISLAM GAK AKAN M... (Jun '13) 25 min PRADITA 84,291
FORUM LONTE/GIGOLO (Silakan Isi) (Jul '09) 40 min anton 27,661
sakitnya tuh disini lagu malay yg ngetop di ibdon 42 min hey don 1
KOUMIENAN: Di thread ini kita wajib berteman. (Jun '13) 53 min Insan3 anjing 5,106
No telefon gay 0175322044 (Nov '10) 1 hr hafiez 3,844
GAY JAKARTA, ayo berhimpun disini (Oct '11) 3 hr dicky ok 2,524
Makan TAHI BERLENDIR..wow..Sedap nyer (Mar '09) 5 hr Odi 6,192
AKU GAY mau isap KONTOL/KOTE (Mar '10) 7 hr firdhan 9,576
Saya baby mila , cewek bispak (Apr '08) 7 hr bobo 13,210

Malaysia People Search

Addresses and phone numbers for FREE