kewajiban melaksanakan shaum ramadhan

Posted in the Malaysia Forum

Prosecutor

Bandung, Indonesia

#1 Jul 20, 2013
Kajian Surat Al-Baqarah Ayat 183
Oleh : Ali Farkhan Tsani
Allah Subhanahu Wa Ta’ala befirman :

Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian shaum sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa".(Q.S. Al-Baqarah [2]: 183)
Di dalam Tafsir Ibnu Katsir d isebutkan, melalui ayat ini Allah Subhanahu Wa Ta'ala berbicara kepada orang-orang beriman dari kalangan umat ini dan memerintahkan shaum kepada mereka.
Abdullah bin Mas'ud Radhiyallahu 'Anhu mengatakan, bahwa apabila sesuatu ayat dimulai dengan panggilan :

"Hai orang-orang yang beriman"
berarti menunjukkan bahwa ayat tersebut mengandung perihal yang begitu penting atau berupa suatu larangan yang berat.
Demikianlah, memang Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah memperhitungkan bahwa yang bersedia memikul perintah-Nya untuk menjalankan shaum Ramadhan hanyalah orang-orang yang beriman. Maka, jika kita melihat banyak orang yang mohon maaf, mengaku Islam, ber-KTP Islam, bersyahadat, namun masih saja makan minum di terminal-terminal, di kota-kota besar, di sela-sela kerjanya, dengan alasan haus dan lapar, mereka makan-minum di siang hari pada bulan suci Ramadhan. Maka, jika berkaca pada ayat tersebut, mereka bukan golongan orang-orang beriman.
Karena itulah, setiap orang yang merasa di dalam dirinya ada iman, tentu akan bersedia mengubah kebiasaannya, menahan nafsunya, bersedia bangun malam untuk makan sahur. Lalu bersedia menahan diri dari makan, minum, berhubungan suami isteri, sejak terbit fajar hingga maghrib, selama bulan Ramadhan. Ia tentu siap menahan lapar dan dahaga demi menggapai kemuliaan shaum Ramadhan, demi mencapai ridha Ilahi.
Adapun perihal yang sangat penting, sebagai kelanjutan dari panggilan kepada orang-orang beriman adalah perintah untuk melaksanakan shaum Ramadhan.

Pengertian Shaum
Shaum secara bahasa berasal dari kata Artinya menahan diri dari sesuatu.
Di dalam Al-Quran Surat Maryam disebutkan :

Artinya : "Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: "Sesungguhnya aku telah bernazar shaum untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini".(Q.S. Maryam [19]: 26).

Sedangkan secara istilah shaum artinya menahan diri dari makan, minum, dan berhubungan suami isteri, dari waktu fajar sampai waktu maghrib dengan niat ikhlas karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Niat ikhlas karena ridha Allah dalam melaksanakan shaum sangat penting sebagai landasan ibadah. Beberapa firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala mengingatkan :

Artinya :“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan keta`atan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.”(Q.S. Al-Bayyinah [98]: 5).
Imam Al-Qurthubi di dalam tafsirya menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan ikhlas adalah semata-mata mengharap wajah (ridha) Allah, tidak ada tujuan lainnya. Di dalam Tafsir Al-Jalalain dikatakan bahwa ikhlas artinya bersih dari syirik.
Prosecutor

Bandung, Indonesia

#2 Jul 20, 2013
Pentingnya niat dalam melaskanakan ibadah shaum dinyatakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dalam sebuah hadits :

Artinya :“Barangsiapa tidak berniat shaum sebelum fajar, maka tidak ada shaum baginya”.(H.R. Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan An-Nasa’i).

Kewjiban Umat Terdahulu
Pada ayat disebutkan yang artinya, "sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian".

Hal ini mengandung makna bahwa sesungguhnya Allah subhanahu Wa Ta'ala telah mewajibkan shaum atas umat-umat sebelum mereka. Dengan demikian berarti mereka mempunyai teladan dalam shaum. Ini memberikan semangat agar orang beriman menunaikannya secara lebih sempurna dari apa yang pernah ditunaikan orang-orang sebelum mereka.
Ibadah shaum pada permulaan zaman Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam dan para sahabat dilakukan sebagaimana yang biasa dilakukan oleh umat-umat terdahulu, yaitu shaum tiga hari dalam setiap bulannya.
Di dalam Tafsir Al-Maraghi disebutkan, ibadah shaum telah diwajibkan kepada orang-orang beriman sejak nabi Adam 'Alaihis Salam. Di dalam Surat Maryam disebutkan, bahwasanya Nabi Zakaria 'Alaihis Salam dan Maryam ibu Nabi Isa 'Alaihis Salam pun mengerjakan shaum.
Memang, ibadah shaum merupakan ibadah yang berat. Sesuatu yang berat jika diwajibkan kepada kebanyakan orang, maka bagi yang bersangkutan akan menjadi ringan melaksanakannya. Sama halnya dalam kehidupan sehari-hari, kalau dilaksanakan secara bergotong-royong, bersama-sama, hidup berjama’ah, insya Allah semua beban probelatika menjadi ringan. Pepatah mengatakan,”Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”.
Asbabun Nuzul Shaum Ramadhan
Asbabun nuzul Shaum Ramadhan atau sebab-sebab turunnya ayat tentang kewajiban shaum Ramadhan tersebut, diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Mu'adz bin Jabal Radhiyallahu 'Anhu, berkata, "Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam Ketika sampai di Madinah (hijrah) beliau shaum di hari Asysyura dan tiga hari setiap bulan".
Waktu itu umat Islam pada masa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam melaksanakan shaum wajib tiga hari setiap bulannya. Setelah hijrah ke Madinah, beliau mendapati orang-orang Yahudi di situ shaum pada tanggal 10 Muharram. Lalu beliau bertanya tentang sebab musabab mereka shaum pada hari tersebut. Orang-orang Yahudi itu menyatakan bahwa pada hari tersebut Allah telah menyelamatkan Nabi Musa Alaihis Salam dan kaumnya dari serangan Fir'aun. Oleh karena itu Nabi Musa Alaihis Salam melaksanakan shaum pada tanggal 10 Muharram sebagai tanda syukur kepada Allah.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam mengulas keterangan mereka itu dengan menyatakan,“Sesungguhnya kami (umat Islam) adalah lebih berhak atas Nabi Musa dibanding kalian”. Lalu beliau melaksanakan shaum pada tanggal 10 Muharram dan memerintahkan seluruh umat Islam supaya shaum pada tanggal tersebut.
Beberapa waktu kemudian, pada bulan Sya'ban tahun kedua Hijriyah, Allah Mewajibkan shaum Ramadhan dengan menurunkan ayat 183-184 dari surat Al-Baqarah. Lalu, setelah itu, maka shaum tanggal 10 Muharram dan shaum tiga hari setiap bulannya berubah status menjadi shaum tambahan yang dianjurkan atau sunah.
Prosecutor

Bandung, Indonesia

#3 Jul 20, 2013
Rukun Islam
Shaum Ramadhan menjadi wajib, termasuk salah satu bagian yang tak terpisahkan dari Rukun Islam yang lima, Syahadat, Shalat, Zakat, dan Haji.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda :

Artinya : "Islam itu dibangun berdasarkan atas lima perkara : Bersaksi bahwa sesungguhnya tiada Tuhan melainkan Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, dan mendirikan Shalat, dan menunaikan Zakat, dan Haji, dan Shaum Ramadhan".(H.R. Bukhari dari Ibnu Umar Radhiyallahu 'Anhu).
Pada redaksi hadits lain disebutkan :

Artinya : "Sesungguhnya Islam itu dibangun atas lima perkara : Bersaksi bahwa sesungguhnya tiada Tuhan melainkan Allah, dan mendirikan Shalat, dan menunaikan Zakat, dan Shaum Ramadhan, dan Haji ke Baitullah, ".(H.R. Muslim dari Ibnu Umar Radhiyallahu 'Anhu).
Tujuan Shaum Ramadhan

Tujuan disyari'atkannya shaum Ramadhan adalah ”agar kalian bertaqwa”.

jung ayat ini merupakan tujuan shaum yakni mempersiapkan diri untuk menjadi orang yang bertaqwa kepada Allah. Caranya adalah dengan meninggalkan keinginan yang mudah didapat dan halal, demi menjalankan perintah-Nya. Dengan demikian mental kita terlatih di dalam menghadapi godaan nafsu syahwat yang diharamkan, dan kita dapat menahan diri untuk tidak melakukannya.
Allah Subhanahu Wa Ta'ala mengingatkan di dalam firman-Nya :

Artinya : "Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Q.S. Yusuf [12]: 153).
Tidak sedikit manusia tergelincir ke jurang neraka akibat tidak dapat mengendalikan hawa nafsu dirinya, terutama yang dilakukan oleh mulut dan kemaluannya.
Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits :

Artinya :Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam ditanya tentang penyebab yang paling banyak memasukkan manusia ke dalam surga. Maka beliau menjawab,“Bertaqwa kepada Allah dan berakhlak yang baik”. Dan beliau ditanya tentang penyebab yang paling banyak menjerumuskan manusia ke dalam neraka. Beliau menjawab,”Mulut dan Kemaluan.”(H.R. At-Tirmidzi dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu).
Keutamaan Shaum Ramadhan
Dengan shaum Ramadhan sebulan penuh akan terlatih jiwa pengendalian diri. Bagaimana tidak, kalau di segala waktu dilarang memakan makanan yang haram, maka di bulan Ramadhan, makanan yang halalpun dilarang. Bercampur dengan isterinya yang semula halal pun menjadi terlarang. Itu semua dilakukan karena kadar imannya yang membimbingnya menjadi manusia terkendali. Walaupun mungkin berada di tempat terpencil, seorang diri, tetapi kadar imannya menahannya agar jangan sampai melanggar aturan-Nya.
Dengan demikian orang-orang beriman mendidik kemauannya serta mampu mengendalikan hawa nafsunya, karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Nafsu yang dikendalikan yakni nafsu perut dan nafsu seksual. Kalau keduanya ini tidak terkendali, maka manusia akan terjerumus ke dalam lembah nista, terjerembab ke dalam makanan haram, berbuat maksiat, dan menumpuk dosa.
Maka, shaimun orang-orang yang shaumnya benar dan ikhlas memiliki tingkat kesabaran yang tinggi dari manfaat shaumnya itu, yang berfungsi sebagai perisai / peredam.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda :

Artinya :“Subhanallah sebagian dari iman, alhamdulillah memperberat timbangan, alahu akbar memenuhi langit dan bumi, wudhu sebagian dari iman, shaum sebagian dari shabar”.(H.R. Ad-Darimi).
Prosecutor

Bandung, Indonesia

#4 Jul 20, 2013
Artinya : "Setiap amal baik anak Adam baginya, kecuali shaum, maka sesungguhnya shaumnya untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan shaum itu perisai, maka apabila seseorang di antara kalian shaum janganlah berkata-kata kotor dan dusta. Maka jika seseorang mencacinya atau mencelanya, maka hendaklah ia berkata :'Sesungguhnya aku diperintahkan shaum. Dan Dzat yang diri Muhammad di tangan-Nya, sesungguhnya bau orang yang shaum itu lebih harum di sisi Allah daripada baunya minyak wangi misik. Bagi orang yang shaum ada dua kebahagiaan, kebahagiaan saat berbuka dan kebahagiaan dengan puasanya saat berjumpa dengan Tuhannya".(H.R. Bukhari dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu).
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda :

Artinya : "Hai para pemuda, barangsiapa di antara kalian mampu memberi nafkah, maka nikahlah, dan barangsiapa yang belum mampu hendaklah ia shaum, karena sesungguhnya shaum merupakan peredam baginya".(H.R. Bukhari dan Muslim).

Artinya :“Nikah itu sunnahku, maka barangsiapa yang tidak melaksanakan sunnahku maka bukan golonganku. Maka menikahlah karena sesungguhnya aku suka dengan banyaknya umatku dari kalian. Barangsiapa memiliki kemampuan maka menikahlah, dan barangsiapa belum sanggup maka shaumlah, karena sesungguhnya shaum itu menjadi peredam”.(H.R. Ibnu Majah dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha).
Balasan Shaum Ramadhan
Orang yang shaum Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan akan mendapat ampunan Allah Subhanahu Wa Ta'ala, dijauhkan dari neraka, mendapatkan syafa'at, dan dimasukkan ke syurga.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda :

Artinya :“Barangsiapa shaum karena imannya (kepada Allah) dan hanya mengharapkan (ridha-Nya), niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”(H.R. Bukhari dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu).

Artinya :”Barangsiapa shaum Ramadhan dan mengetahui segala batas-batasnya, serta memelihara diri dari segala yang baik dipelihara diri darinya, niscaya shaumnya itu menutupi dosa-dosanya yang telah lalu”.(H.R. Ahmad dan Al-Baihaqi dari Abu Sa’id Radhiyallahu 'Anhu).

Artinya : "Siapa dari seorang hamba shaum suatu hari di jalan Allah, kecuali Allah jauhkan dirinya dengan neraka sejauh tujuh puluh tahun".(H.R. Muslim dari Abu Sa'id Al-Khudri Radhiyallahu 'Anhu).

“sesat & menyesatkan”

Since: Sep 11

Surabaya, Indonesia

#5 Jul 20, 2013
shaum ramadhan wajib untuk org kaya saja, org miskin gak perlu shaum karena mereka sudah shaum sepanjang tahun

Tell me when this thread is updated:

Subscribe Now Add to my Tracker

Add your comments below

Characters left: 4000

Please note by submitting this form you acknowledge that you have read the Terms of Service and the comment you are posting is in compliance with such terms. Be polite. Inappropriate posts may be removed by the moderator. Send us your feedback.

Malaysia Discussions

Title Updated Last By Comments
KESIAN, INDONESIA DIPIMPIN Oleh DEWA BADUT JOKOWI 2 min jokowi vs najib 2,707
DEBAT ISLAM VS KRISTEN. Fakta: ISLAM GAK AKAN M... (Jun '13) 22 min Hard Disk 92,960
Saya baby mila , cewek bispak (Apr '08) 25 min galang 13,325
KENAPA SUKU JAWA BANYAK Yang KRISTEN? (Sep '09) 29 min Andre 670
What song are you listening to right now? (Feb '11) 34 min Crush Em 2013 10,417
malaysia ga punya situs porn ... NooB kalah sam... 58 min Zonkk 3
FORUM LONTE/GIGOLO (Silakan Isi) (Jul '09) 58 min fauzan 27,863
Bagaimana Cara Ngocok Kontol Yg Nikmat ? (Dec '11) 1 hr FayBoy 3,521

Malaysia People Search

Addresses and phone numbers for FREE