Tanya: KENAPA DANGDUT DIANGGAP MUSIK KAMPUNGAN / NORAK / NDESO?

Posted in the Malaysia Forum

First Prev
of 2
Next Last
Dang_Duters

United States

#1 Jan 7, 2012
kenapa sih?
Dang_Duters

United States

#2 Jan 7, 2012
apa salah dangdut?
Dang_Duters

United States

#3 Jan 7, 2012
Dangdut Musik Kampungan?

Ekspresi budaya yang dipresentasikan dalam bidang kesenian, khususnya musik dangdut memang luar biasa, sehingga menjadikan aliran musik melayu ini mendominasi musik hiburan di Tanah Air. Terutama pada dekade tahun 1970-an sampai 1990-an. Banyak penyanyi yang bertalenta dalam musik ini bermunculan dan menjadi terkenal. Kita sebut saja Haji Rhoma Irama, Mansyur S, Meggi Z, Hamdan ATT, Caca Handika, Elvi Sukaesih, Evi Tamala, Ikke Nurjannah, Iis Dahlia, Ida Laila, Iyet Bustami.

Hebatnya lagi, lagu-lagu yang mereka nyanyikan sampai saat ini masih tetap laris di pasaran dan masih enak didengar. Bahkan lagu-lagu lawas mereka ini sering digunakan sebagai lagu wajib untuk lomba, dan ketika dinyanyikan penyanyi lain pun, yang bersangkutan ikut menjadi terkenal. Padahal dari segi penampilan di atas panggung, mereka biasa-biasa saja dan tidak heboh atau norak/seronok.

Sebaliknya, ada pula penyanyi dangdut yang tampil lain, bahkan ada oknum penyanyi dangdut tampil terlalu ekspresif dan berlebihan. Keadaan ini akhirnya berbenturan dengan budaya masyarakat kita yang belum siap menerima, terutama cara penampilan yang seronok, ditambah goyang patah-patah, ngebor, gergaji, dan goyang-goyang lain. Bahkan bisa diistilahkan mengumbar birahi, terkesan mengabaikan adat dan budaya masyarakat kita.

Keadaan ini kemudian diikuti adanya beberapa daerah yang mencekal penampilan penyanyi tersebut untuk tampil di daerahnya. Ujung-ujungnya, berimbas pula terhadap musik dangdut itu sendiri. Sebagian masyarakat mengklaim bahwa musik dangdut norak, kampungan, dan lain-lain. Padahal masalah sebetulnya bukan karena musik dangdut itu sendiri yang seronok, tapi adanya oknum penyanyi yang seolah kurang percaya diri (PD) dan terkesan sebagai jalan pintas untuk cepat lebih terkenal/top, sehingga menampilkan gaya yang aneh-aneh. Jika ada pertunjukan, terutama anak muda/remaja, bukan lagi mendengar suara/vocal penyanti, tapi sekedar ingin melihat goyangan yang heboh di atas panggung.

Akhir-akhir ini juga tidak terlihat munculnya penyanyi ‘’sekelas’’ di tahu 1970-an. Wajah-wajah baru memang cukup banyak dan ada yang lagunya langsung laris di pasaran, namun ‘’kurang abadi’’, lebih bersufat musiman dan tidak lama bertahan. Apakah kevakuman ini disebabkan produser tidak tertarik lagi untuk mencetak album baru, karena lebih mementingkan selera pasar? Atau memang penyanyinya tidak sesuai dengan selera pasar/konsumen saat ini?
Melihat kondisi itu, nampaknya tidak ada alasan bagi punggawa musik dangdut, baik produser, pencipta lagu, untuk terus berkarya dan dapat memunculkan penyanyi baru seperti di tahun 1970-an. Sehingga menjadikan musik dangdut Indonesia sebagai musik hiburan masyarakat yang murah dan meriah dimana pun.

Since: Nov 11

Indonesia

#4 Jan 7, 2012
sbenarny musikny ga kmpungan..........
tp sebagian penyanyiny aja, yng berpakain kmpungan dan norak
cara brpakaianny trlalu vulgar
batu kubus

United States

#5 Jan 7, 2012
kata siapa dangdut norak?

mungkin gara2 ustad cabul roma irama yg sok suci n sok bener..
terlalu....!!!
Dang_Duters

United States

#6 Jan 7, 2012
Yaaaa a wrote:
sbenarny musikny ga kmpungan..........
tp sebagian penyanyiny aja, yng berpakain kmpungan dan norak
cara brpakaianny trlalu vulgar
penyanyi POP barat malah banyak yg lebih vulgar. Madonna, Lady Gaga, dll. Tapi mereka tetap dianggap GAUL.

Since: Nov 11

Indonesia

#7 Jan 7, 2012
kau jngan smakn pnyanyi brt sm indo
klw pnyanyi barat, mkin vulgar mkin ngetop
nh klw indo mkin vulgar mkin di bnci
Dang_Duters

United States

#8 Jan 7, 2012
Yaaaa a wrote:
kau jngan smakn pnyanyi brt sm indo
klw pnyanyi barat, mkin vulgar mkin ngetop
nh klw indo mkin vulgar mkin di bnci
Agnes juga vulgar. Paha dan belahan dada bertebaran ke mana2.
Biang Kerox

Indonesia

#9 Jan 7, 2012
Image awal bro...pendapat ane mungkin karna dulu dangdut dikenal sebagai musik rakyat. Konotasinya kalau rakyat itu menengah kebawah jadi dangdut itu identik dengan musik kelas bawah... Tapi sekarang sepertinya pola pikir itu sudah berubah karna semakin banyak kaum atas yang suka dangdut.
Rhoma Irama

United States

#10 Jan 7, 2012
terlalu!

Since: Jun 11

Location hidden

#11 Jan 7, 2012
Dang_Duters wrote:
<quoted text>
penyanyi POP barat malah banyak yg lebih vulgar. Madonna, Lady Gaga, dll. Tapi mereka tetap dianggap GAUL.
SEBAB MEREKA ORANG AMERIKA .... KALO AMERIKA MAKAN TAI ORANG KITA JUGA BILANG TAI SEDAP
Dang_Duters

United States

#12 Jan 7, 2012
Biang Kerox wrote:
Image awal bro...pendapat ane mungkin karna dulu dangdut dikenal sebagai musik rakyat. Konotasinya kalau rakyat itu menengah kebawah jadi dangdut itu identik dengan musik kelas bawah... Tapi sekarang sepertinya pola pikir itu sudah berubah karna semakin banyak kaum atas yang suka dangdut.
ah, sepertinya sentimen terhadap dangdut sekarang lebih parah dari dulu deh.
Dang_Duters

United States

#13 Jan 7, 2012
DMazwie wrote:
<quoted text>
SEBAB MEREKA ORANG AMERIKA .... KALO AMERIKA MAKAN TAI ORANG KITA JUGA BILANG TAI SEDAP
Maksudnya?
Biang Kerox

Jakarta, Indonesia

#14 Jan 7, 2012
Dang_Duters wrote:
<quoted text>
ah, sepertinya sentimen terhadap dangdut sekarang lebih parah dari dulu deh.
sentimen yang seperti apa?

Since: Jun 11

Location hidden

#15 Jan 7, 2012
Dang_Duters wrote:
<quoted text>
Maksudnya?
kan jelas ...apapun yg amerika buat ,orang kita bilang gaul /modern !

makan ayam goreng cocol saus saja (KFC) dibilang modern !
Dang_Duters

United States

#16 Jan 7, 2012
Biang Kerox wrote:
<quoted text>sentimen yang seperti apa?
ya pokoknya anggapan yg gak baik gitu deh. yg suka dangdut itu dibilang gak gaul lah. atau dangdut itu dibilang gak kreatif lah. pokoknya mcm2.
kamu sendiri suka dangdut?
Dang_Duters

United States

#17 Jan 7, 2012
DMazwie wrote:
<quoted text>
kan jelas ...apapun yg amerika buat ,orang kita bilang gaul /modern !
makan ayam goreng cocol saus saja (KFC) dibilang modern !
jadi maksudnya, apapun yg ke-amerika-an2 gitu dibilang gaul, keren atau baik?
Biang Kerox

Indonesia

#18 Jan 8, 2012
Dang_Duters wrote:
<quoted text>
ya pokoknya anggapan yg gak baik gitu deh. yg suka dangdut itu dibilang gak gaul lah. atau dangdut itu dibilang gak kreatif lah. pokoknya mcm2.
kamu sendiri suka dangdut?
gak juga menurut saya...banyak sekarang pedangdut yang menjadi fenomena dan bintang yang bersinar.
Ada beberapa oknum pedangdut memang yg terlaku vulgar itu yang tidak baik.

Ngomong suka dangdut atau tidak...saya penikmat musik kalau enak didengar saya suka termaksud dangdut
Dang_Duters

United States

#20 Jan 8, 2012
Biang Kerox wrote:
<quoted text>gak juga menurut saya...banyak sekarang pedangdut yang menjadi fenomena dan bintang yang bersinar.
Ada beberapa oknum pedangdut memang yg terlaku vulgar itu yang tidak baik.
Ngomong suka dangdut atau tidak...saya penikmat musik kalau enak didengar saya suka termaksud dangdut
ya jika ngomongin pedangdut yg bersinar atau fenomenal, udah dari dulu kale. dari eranya bang haji, alam mbah dukun, inul daratista, sampai yg sekarang ayu tingting.
tapi di sisi lain, tetap saja dangdut dicibir, dicemooh. ini gak bisa diingkari.

dari jawaban elu, berarti elu bukan FANS dangdut.
Anti Dangdut

United States

#21 Jan 12, 2012
Dang_Duters wrote:
kenapa sih?
Kampungan ya kampungan saja. Jgn ditanya kenapa lagi....

Tell me when this thread is updated:

Subscribe Now Add to my Tracker
First Prev
of 2
Next Last

Add your comments below

Characters left: 4000

Please note by submitting this form you acknowledge that you have read the Terms of Service and the comment you are posting is in compliance with such terms. Be polite. Inappropriate posts may be removed by the moderator. Send us your feedback.

Malaysia Discussions

Title Updated Last By Comments
NKRI KETIPU, Dl JERMAN LEOPARD ADALAH RONGSOKAN 8 min mh17 sial 21
DEBAT ISLAM VS KRISTEN. Fakta: ISLAM GAK AKAN M... (Jun '13) 19 min Haji Muhammad Abd... 78,204
ACEH ANJING!Jawa Tak Berdosa DIBANTAI! (Dec '11) 20 min merah putih 1,410
kopassus vs brimob mana ya yang menang (Dec '12) 51 min Anonim 680
Shocking M'Sia: Where transgenders, gays & lesb... 52 min Dennis 1
khusus buat germo,bispak,gigolo,tante yg ada di... (Jul '10) 54 min aprian 1,610
FORUM LONTE/GIGOLO (Silakan Isi) (Jul '09) 58 min Daryani 27,552
No telefon gay 0175322044 (Nov '10) 5 hr naz 3,657
Saya baby mila , cewek bispak (Apr '08) 5 hr slamet joker 13,131
Makan TAHI BERLENDIR..wow..Sedap nyer (Mar '09) 6 hr adi 6,153
AKU GAY mau isap KONTOL/KOTE (Mar '10) 10 hr Firman 9,487

Malaysia People Search

Addresses and phone numbers for FREE