Malaysia Dibantu Sekutu bila Perang dengan Indonesia?

Posted in the Malaysia Forum

First Prev
of 3
Next Last
Anonymous

Semarang, Indonesia

#1 Jul 4, 2012
Saya sering membaca di forum-forum dunia maya yang membahas tentang berita politik dan keamanan membahas kemungkinan meletus perang antara indonesia dan malaysia (penulis berharp tdk pernah terjadi), menyusul kian memanasnya ambalat dan semakin kompleknya masalah antar kedua negara. di banyak forum tersebut dibahas kemungkinan akan dibantunya malaysia jika berperang dengan indonesia. Penulis jadi bertanya-tanya sebegitu pentingnya kah malaysia dibanding dengan indonesia?

Memang malaysia adalah negara persemakmuran yang sepengetahuan penulis mempunyai perjanjian keamanan antar anggotanya, dan saya juga pernah menyimak berita di TV ketika pertama kali ambalat memanas malaysia ditawari kapal perang Destroyer oleh inggris, tapi apkh berita itu akurat atau dbuat2 untuk mem Push pihak lawan. Tapi menurut saya terlepas dari malaysia adalah negara persemakmuran , bahwa malaysia dibantu sekutu ketika berperang dengan indonesia adalah kecil kemungkinannya, dengan berbagai alasan menurut pengetahuan saya yang amatir ini, yaitu :

Pertama, Sebegitu pentingnyakah malaysia di bandingkan dengan indonesia? menurut saya tidak juga karena posisi indonesia juga sangat penting bagi mereka (red: sekutu/barat). posisi indonesia di diplomasi internasional dan dunia muslim sekarang ini cukup dipandang, bukankah US punya kepentingan yang sangat besar di indonesia baik kepentingan politik, ekonomi, isu terorisme, perubahan iklim, krisis energi, krisis pangan, penjembatan islam n barat dll.

Dalam isu demokrasi misalnya, indonesia dianggap berhasil dalam menjalankan demokarasi di tengah komunitas muslim yang notabenenya terbesar di dunia dan dianggap mampu menjembatani dialog peradaban islam dan barat.

Dan posisi tawar indonesia juga bertambh kuat dengan adanya selat malaka, yang merupakan salah selat dengan lalu lintas terpadat didunia.

Kedua, kalau bicara tentang politik luar negeri tentu sangat dinamis, tergantung kekuatan politik mana yang sekarang sedang memimpin. Seperti sekarang ini AS dipimpin oleh presiden yang pernah tinggal di indonesia yang diakui atau tidak pasti punya kesan tersendiri, walaupun tetap saja dalam kaca mata kepentingan politik mereka. Dan AS sekarang ini menggunakan metode soft power terhadap dunia islam dan berjanji akan mendengarkan masukan dari dunia islam. Bukankah dengan memihak malaysia ketika konflik dengan indonesia akan menambah buruk citra AS di dunia islam dan menambah musuh baru. Buktinya ketika indonesia membeli pesawat sukhoi, AS langsung mencabut embargo dan segera menawarkan produk senjata bagi indonesia. ini bukti bahwa posisi indonesia penting bagi mereka. Begitu pula dengan Australia, partai yang sekarang berkuasa yaitu partai buruh yang dijaman bung karno sangat dekat, tapi lagi-lagi tentu mereka juga punya kepentingan.

Kecuali pada era perang dingin antara komunis dan kapitalis. ketika itu indonesia dipimpin oleh bung karno yang di identikkan dekat dengan soviet makanya mereka mendukung malingsia ketika perang dwikora berlangsung. Tapi sekarang dunia telah memasuki era baru yang tidak tersekat oleh ideologi tapi kepentingan politik, ekonomi dll.

Ketiga, Jangan pernah lupa Barat tidak ingin indonesia menjadi terlalu dekat dengan Rusia dan China, makanya mereka berlomba-lomba mendekati indonesia.

Saya pikir Sekutu tidak akan membantu malaysia hanya karena malaysia negara persemakmuran, Zaman telah berubah kepentingan pragmatis masing-masing negara menjadi penentu keberpihakan masing-masing negara anggotanya.

Wallahu A’lam bishowab
inyong

Indonesia

#2 Jul 4, 2012
malasya kan cuma negara ponakawan/penggembira saja jadi gak terlalu berpengaruh di dunia internasional,,
bilik termenung

United States

#3 Jul 4, 2012
Ulasan yg bagus gan, salut buat ts
CooL

Jakarta, Indonesia

#4 Jul 4, 2012
malon itu negara phophok bawang, andaikata malon hilang dari peta dunia, Internasional tidak merasa kehilangan.

Asean pun akan bersyukur, sebab tidak ada lagi MALING di SEA.
gilang

Indonesia

#5 Aug 3, 2012
indonesiakan negara terkuat di asia tenggara pasti menang melawan malaysia!!! MERDEKA!!!!
rafale

Malaysia

#6 Aug 3, 2012
indonesia negara pulau.
sejarah buktikan hanya British
negara asal pulau yang mampu menang perang
besar.apa rahsianya..
kerana armada laut & angkatan udaranya:)
Anonymous

United States

#7 Aug 3, 2012
indonesia punya potensi mnjadi negara adidaya.. sekarang kaum muda bangsa indo mulai sadar.. betapa kayanya sumbr daya alam negara ini.. semoga dmasa yg akn datang yg pegang kendali pemerintah orang-orang yg mementingkan diatas smua golongan, dan anti korupsi..
Ajie cah isnex

Europe

#8 Dec 1, 2012
Lawan saja adik tiri yg nakal itu
Awak Urang Melayu Asli

United States

#10 Dec 8, 2012
Monyetsialan itu kalau sudah merasa katakutan senjatanya Cuma satu sambil nyembah2: "KITA NEGARA SERUMPUN"cuma itu,langsung deh president kita menaruh ibu pada Beruk Itu.....kebetulan aja president kita saat ini juga Lembek.coba ya kaya Soekarno-Hatta...sdh mati tu beruk hahaha...
Awak Urang Melayu Asli

United States

#11 Dec 8, 2012
ADEN MAU MENGHADIAHKAN SARAWA KOTOK(CD dan BH) BEKAS UNTUAK POLISI MALINGSIANG....sebagai keberanian mareka memperkosa TKW kito...Dasar Mental BARUAK.!..
Anonymous

Surabaya, Indonesia

#12 Dec 8, 2012
Negara persemakmuran bakal dukung malon kalau perang dengan INA, PREEEEEEEEET
Tiap negara punya tujuan dan kepentingan sediri,buat apa ikut perang yang bukan kepentingannya,INGRIS pun belum tentu bantu sebap banyak kepentingan ingris di INA dari infrastruktur sampai minyak.
SEBENARNYA KALAU MAU,SEKALI PUKUL DUA PUKUL buat pelajaran malon sih ngak papa menurut ane,habis itu paling PBB turun tangan
tapi kan presiden masih mikir ekonomi dan masa depan bangsa ini
Rempit

Jakarta, Indonesia

#13 Dec 8, 2012
mantap bro
JOXZIN

Indonesia

#14 Dec 8, 2012
itulah repotnya kita punya presiden sekarang...
tahun depan pilih yg LEBIH TEGAS YAK PREN...
Prabowo mungkin...hheehehe..kita bukan simpatisan,..cuma yg lain belum ada yg keliatan siihh
biar" tetangga berisik" sedikit ngerasain GAMPARAN gitu maksudnya...
sebenernya kurang sepadan deh kalo kudu nglawan maaling sial...JAUH BRO....
meskipun peralatan perang mereka ada yg lebih bagus/modern dari kita,..TAPI MENTAL DAN NYALI jangan di bandingkan dg tentara kita deh....jauh banget....
misal kejadian ni perang,,..cukup kita kirim hansip aja.....hehehehe
Garuda ayam sayur

Petaling Jaya, Malaysia

#15 Dec 8, 2012
Hihii.. babu2 indoon piaraanku lg berhayal di sini.. Hayo! lekas cuci jamban donggg.. Bentar lg gw mau berak..pret prooott prett..
JOXZIN

Indonesia

#17 Dec 8, 2012
HAI JUGA BABU BRITIS...awet amat jadi babu....kesenengan yach.....
Anoa

Jakarta, Indonesia

#18 Dec 30, 2012
Garuda ayam sayur wrote:
Hihii.. babu2 indoon piaraanku lg berhayal di sini.. Hayo! lekas cuci jamban donggg.. Bentar lg gw mau berak..pret prooott prett..
Maling sial.. Dgn babu aja kamu masih kalah ilmu.. Reog kamu akui kn gara2 kmu belajar reog dari babu..
malon bajingan lonte

Semarang, Indonesia

#19 Dec 30, 2012
ganyang malon dengan operasi militer dwikora jilid 2
Indonesian

United States

#20 Jan 15, 2013
Indonesia tumbuh dan bangkit dari berperang,malo cuma ngemis2 minta merdeka,ngemis di jalan la wkwkwk

Since: Dec 12

Semarang, Indonesia

#21 Jan 15, 2013
malon itiu palng cuma netek ketek nenek elly kalo perang dasarnya negara pengecut

Since: Aug 12

Jakarta, Indonesia

#22 Jan 15, 2013
Sofyansukujawa wrote:
Saya sering membaca di forum-forum dunia maya yang membahas tentang berita politik dan keamanan membahas kemungkinan meletus perang antara indonesia dan malaysia (penulis berharp tdk pernah terjadi), menyusul kian memanasnya ambalat dan semakin kompleknya masalah antar kedua negara. di banyak forum tersebut dibahas kemungkinan akan dibantunya malaysia jika berperang dengan indonesia. Penulis jadi bertanya-tanya sebegitu pentingnya kah malaysia dibanding dengan indonesia?
Memang malaysia adalah negara persemakmuran yang sepengetahuan penulis mempunyai perjanjian keamanan antar anggotanya, dan saya juga pernah menyimak berita di TV ketika pertama kali ambalat memanas malaysia ditawari kapal perang Destroyer oleh inggris, tapi apkh berita itu akurat atau dbuat2 untuk mem Push pihak lawan. Tapi menurut saya terlepas dari malaysia adalah negara persemakmuran , bahwa malaysia dibantu sekutu ketika berperang dengan indonesia adalah kecil kemungkinannya, dengan berbagai alasan menurut pengetahuan saya yang amatir ini, yaitu :
Pertama, Sebegitu pentingnyakah malaysia di bandingkan dengan indonesia? menurut saya tidak juga karena posisi indonesia juga sangat penting bagi mereka (red: sekutu/barat). posisi indonesia di diplomasi internasional dan dunia muslim sekarang ini cukup dipandang, bukankah US punya kepentingan yang sangat besar di indonesia baik kepentingan politik, ekonomi, isu terorisme, perubahan iklim, krisis energi, krisis pangan, penjembatan islam n barat dll.
Dalam isu demokrasi misalnya, indonesia dianggap berhasil dalam menjalankan demokarasi di tengah komunitas muslim yang notabenenya terbesar di dunia dan dianggap mampu menjembatani dialog peradaban islam dan barat.
Dan posisi tawar indonesia juga bertambh kuat dengan adanya selat malaka, yang merupakan salah selat dengan lalu lintas terpadat didunia.
Kedua, kalau bicara tentang politik luar negeri tentu sangat dinamis, tergantung kekuatan politik mana yang sekarang sedang memimpin. Seperti sekarang ini AS dipimpin oleh presiden yang pernah tinggal di indonesia yang diakui atau tidak pasti punya kesan tersendiri, walaupun tetap saja dalam kaca mata kepentingan politik mereka. Dan AS sekarang ini menggunakan metode soft power terhadap dunia islam dan berjanji akan mendengarkan masukan dari dunia islam. Bukankah dengan memihak malaysia ketika konflik dengan indonesia akan menambah buruk citra AS di dunia islam dan menambah musuh baru. Buktinya ketika indonesia membeli pesawat sukhoi, AS langsung mencabut embargo dan segera menawarkan produk senjata bagi indonesia. ini bukti bahwa posisi indonesia penting bagi mereka. Begitu pula dengan Australia, partai yang sekarang berkuasa yaitu partai buruh yang dijaman bung karno sangat dekat, tapi lagi-lagi tentu mereka juga punya kepentingan.
Kecuali pada era perang dingin antara komunis dan kapitalis. ketika itu indonesia dipimpin oleh bung karno yang di identikkan dekat dengan soviet makanya mereka mendukung malingsia ketika perang dwikora berlangsung. Tapi sekarang dunia telah memasuki era baru yang tidak tersekat oleh ideologi tapi kepentingan politik, ekonomi dll.
Ketiga, Jangan pernah lupa Barat tidak ingin indonesia menjadi terlalu dekat dengan Rusia dan China, makanya mereka berlomba-lomba mendekati indonesia.
Saya pikir Sekutu tidak akan membantu malaysia hanya karena malaysia negara persemakmuran, Zaman telah berubah kepentingan pragmatis masing-masing negara menjadi penentu keberpihakan masing-masing negara anggotanya.
Wallahu A’lam bishowab
Analisa yang keren dengan hujah yang keren pula.

Tell me when this thread is updated:

Subscribe Now Add to my Tracker
First Prev
of 3
Next Last

Add your comments below

Characters left: 4000

Please note by submitting this form you acknowledge that you have read the Terms of Service and the comment you are posting is in compliance with such terms. Be polite. Inappropriate posts may be removed by the moderator. Send us your feedback.

Malaysia Discussions

Title Updated Last By Comments
DEBAT ISLAM VS KRISTEN. Fakta: ISLAM GAK AKAN M... (Jun '13) 9 min John 98,058
Warisan Merdeka Tower 118 storey(600 - 682m) ??? (Jul '13) 19 min bimba n lola 14
No telefon gay 0175322044 (Nov '10) 26 min mr j 4,479
Sriwijaya sudah terbukti berpusat dan bermula d... 37 min Mohd Am 1,082
Adu debat dan logika... Islam VS Budha. Fakta: ... (Nov '12) 41 min Wong Demak 373
Bersedia melayani tante kesepian berjilbab di A... 59 min kontoculai 8
”bangsat” CINA BABI PAKSA PEMBANTUNYA MAKAN TAI... (Oct '13) 1 hr kontoculai 16
Jokowi PIDATO , Dunia Berdecak KAGUM ada yang I... 1 hr malonT 717
ALUTSISTA RAHASIA buatan INDONESIA (Aug '12) 3 hr Najib goblok 62,910
KESIAN, INDONESIA DIPIMPIN Oleh DEWA BADUT JOKOWI 4 hr tolakjokodok 4,096
More from around the web