Mengenal special force Indonesia yg melebihi kemampuan KOPASUS

Posted in the East Timor Forum

Comments
1 - 20 of 350 Comments Last updated Tuesday Jul 22
First Prev
of 18
Next Last
Bocah

Bekasi, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#1
Feb 23, 2013
 
A. TUGAS POKOK TAIFIB
Yontaifibmar mempunyai tugas pokok membina dan menyediakan kekuatan serta membina kemampuan unsur-unsur amfibi maupun pengintaian darat serta tugas-tugas operasi khusus dalam rangka pelaksanaan operasi pendaratan amfibi, operasi oleh satuan tugas TNI AL atau tugas-tugas operasi lainnya dengan perintah Panglima TNI.
Secara resmi medan tempur Korps Marinir adalah maks. 8 km dari pantai. Karena disitulah area operasi pendaratan amfibi yang merupakan tupoksi kormar. Apabila dipandang perlu untuk melakukan operasi lebih jauh maka secara prosedural diperlukan ijin dari komandan satuan darat yang komandonya dipegang TNI – AD.

B. HIRARKI
Personel Yon Taifib Korps Marinir TNI - AL adalah personel pasukan khusus yang menempati hirarki tertinggi dalam jajaran Korps Marinir dan TNI - AL. Bersama Kopaska, Taifib adalah personel pilihan dan terbaik di lingkungan Marinir khususnya dan TNI – AL umumnya. Mereka dikenal sangat lethal di medan operasi sebagaimana para “saudara” lainnya pasukan khusus di matra darat dan udara. Kemampuan Taifib tak hanya bertempur dapat bertempur tapi juga berperan sebagai satuan intelijen tempur yang handal. Pendidikan hampir 9 bulan dihabiskan untuk menciptakan pasukan Intai Amfibi yang handal, cepat dan rapi dalam menyelesaikan suatu misi khusus. Tak heran manuver dan gerakan personel Taifib dalam operasi klandestein membuat musuh kelimpungan. Sesuai namanya Taifib dapat bertempur di darat, laut, udara dan bawah permukaaan air. Mereka juga memiliki ilmu pasukan katak dan linud setingkat parako untuk menjalankan tupoksinya bagi operasi amfibi Korps Marinir dan TNI.

mantan anggota Marinir yang kabur dari sel Lantamal II Jakarta merupakan salah seorang penyandang baret Taifib. Karena itu, untuk meringkus pembunuh bos PT Asaba tersebut, jajaran pimpinan TNI Angkatan Laut mengerahkan hampir satu peleton tim gabungan.

TNI-AL sadar bahwa Suud adalah salah seorang prajurit Marinir yang mempunyai kemampuan luar biasa. Jago tembak. Sebagai anggota Taifib, dia mempunyai pengalaman dalam berbagai operasi khusus. Untuk melukiskan kemampuan Taifib itu, ada yang menganggap kemampuan satu pasukan Taifib setara dengan sepuluh pasukan biasa.

Para pemburu Suud tak mau gegabah, meski sasarannya sudah diketahui pasti. Dikhawatirkan Suud yang dikenal sebagai penembak jitu tersebut bereaksi. Tapi, untungnya, ketelatenan tim pemburu yang sebagian juga anggota Taifib tersebut berhasil meringkus Suud di Jalan Sumbersari, Desa Sumbersari, Kota Malang.”Menghadapi Suud bukanlah hal yang mudah karena dia mantan pasukan khsusus yang mempunyai kemampuan lebih daripada prajurit Marinir biasa,” jelas salah seorang perwira TNI-AL.

Itulah gambaran bahwa lulusan pendidikan Taifib disegani sekaligus ditakuti. Mereka adalah pasukan inti di Kesatuan Marinir yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata. Kemampuan tersebut diraih setelah ditempa melalui pendidikan yang sangat ketat serta melewati ujian yang sangat berat selama sepuluh bulan.

Tidak heran, di antara ratusan prajurit yang mengikuti seleksi pendidikan Taifib, hanya 54 orang yang diterima pada tahun ini. Mereka itulah yang sedang digodok di kawah candradimuka di Situbondo itu. Tahun-tahun sebelumnya, sering hanya belasan prajurit yang memenuhi syarat. Mereka yang tak lulus dikembalikan ke kesatuannya semula di Marinir.

Tidak semua yang mengikuti pendidikan tersebut lolos.”Saya mendapat laporan, dua di antara mereka (di antara 54 yang sedang pendidikan, Red) dimungkinkan dikembalikan ke kesatuannya karena tidak mampu mengikuti pendidikan,” jelas Letkol Laut (KH) Tony Saiful, perwira penerangan Kodikal, kepada koran ini tadi malam.

Selain fisik prima, calon Taifib juga dituntut memiliki IQ tinggi. Sebab, pasukan elite yang sering digunakan untuk penyusupan di daerah operasi itu harus mampu menghadapi berbagai masalah, baik secara individu mapun kelompok.
Bocah

Bekasi, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#2
Feb 23, 2013
 
Selama pendidikan, teori di kelas hanya 20 persen. Selebihnya di lapangan, seperti hutan, laut, bahkan udara. Mereka harus mempunyai kemampuan terbaik di darat, laut, dan udara. Mereka dituntut mampu melaksanakan tugas rahasia secara sempurna di ketiga medan tersebut.
Untuk mencapai semua itu, diperlukan pendidikan yang sangat keras dan ketat. Mereka harus mampu menyusup dengan terjun payung, bergerak lincah di laut dengan daya tahan tinggi, serta survive di darat.

Mereka ditempa di tengah ombak ganas di Laut Banyuwangi, yang biasanya menghanyutkan perahu nelayan. Dengan tangan dan kaki diikat, para prajurit tersebut dibuang ke laut ganas itu. Mereka harus mampu bertahan sekaligus menyelamatkan diri.“Latihan mereka cukup berat. Kaki dan tangan diikat pun bisa hidup. Coba kalau saya, yah tenggelam,” jelas Tony Saiful sembari tertawa.

Kenapa sampai demikian? Bila sewaktu-waktu prajurit trimedia (menguasai medan darat, laut, dan udara) itu dibuang ke laut dalam keadaan tangan dan kaki terikat oleh musuh, mereka akan mampu menyelamatkan diri.

Setelah melawan ombak besar di laut, mereka juga dituntut bertahan hidup di hutan tanpa perbekalan sedikit pun. Untuk menguji daya tahannya itu, para prajurit terpilih tersebut dilepas di tengah hutan dengan hanya bermodalkan garam. Air minum pun tidak diperkenankan dibawa. Selebihnya, cari sendiri di hutan. Latihan itu dilakukan di Alas Purwo. Di sana, mereka dilepas untuk melatih ketahanan fisik dan kemampuan perorangan.

Di tengah hutan, mereka harus bertahan berhari-hari. Mereka tak jarang hanya makan binatang buas, seperti ular. Bila mampu menangkap monyet, hewan itu pulalah yang disantap. Selama tiga hari tiga malam, mereka tidur di tengah hutan rimba tersebut. Kadang-kadang, juga lebih,
“Saya pernah minum air untuk tambal ban di pinggir jalan Alas Purwo,” cerita mantan Direktur Sekolah Khusus (Dirsus) Marinir Kol (Mar) Buyung Lalana.“Meski air itu siang harinya digunakan untuk mengetes ban mobil dan sepeda motor yang pecah, rasanya nikmat sekali karena begitu haus,” kenang Buyung lagi.

Itu semua belum cukup. Soal pukul-memukul oleh instruktur untuk melatih mental bukanlah hal aneh di kalangan mereka. Wartawan koran ini pernah menyaksikan betapa kerasnya pelonco dari kakak angkatan untuk prajurit yang mengawali pendidikan. Mereka benar-benar harus siap mental dan fisik. Begitu kerasnya, tidaklah heran kalau di awal pendidikan itu, ada yang mengundurkan diri.

Untuk latihan udara, mereka bukan lagi dilatih terjun tempur seperti prajurit biasa. Kalau terjun tempur, begitu keluar dari pintu pesawat, payung sudah terbuka. Tapi, Taifib dilatih terjun bebas.
Yang menarik, terjun bebas itu tidak saja dilakukan siang, tapi juga tengah malam. Dengan begitu, bila sewaktu-waktu masuk ke sasaran musuh, mereka tidak harus lewat darat atau laut yang mudah dideteksi lawan. Para Taifib juga bisa diturunkan dari pesawat dengan ketinggian yang sulit terdeteksi musuh.

Wartawan koran ini pernah menyaksikan latihan terjun malam di pengeboran gas Pulau Pagerungan, sebuah pulau kecil masuk wilayah Sumenep dekat Selat Lombok. Mereka diterjunkan di keheningan malam. Prajurit tersebut bisa mendarat dengan tepat di celah-celah pohon mangga dan kelapa pinggir pantai.

Untuk menghindari pendeteksian musuh, mereka harus piawai menyelam. Dengan menggunakan kompas, sambil menghitung derajat daerah sasaran, para Taifib harus bisa muncul di titik yang tepat.
Itu baru tahap latihan. Bila pelantikan atau dikenal dengan pembaretan, mereka harus jalan kaki siang malam. Itu sering dilakukan Banyuwangi-Surabaya. Mereka dilepas di Banyuwangi dan diperintahkan kumpul di Surabaya dalam waktu yang ditentukan. Bila naik kendaraan dan ketahuan instruktur, hukuman berat bakal dirasakan. Baretnya pun bakal tak hinggap di kepala.
Bocah

Bekasi, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#3
Feb 23, 2013
 
Kebanyakan yg org tau itu cuma kopassus yg terbaik, pasukan terbaik ke 3 didunia (krn arogansi AD yg lebih menonjol di bnding AU & AL dr dulu)
special force dr kesatuan aL (marinir) lebih tinggi dr tingkat kemampuan dibnding aD. Yontaifib (Pengintaian & amfibi) setara dg kopassus (aD), tp dr kemampuan nya, konon ktnya 1 personel taifib = 3 org kopassus. 1 org kopassus = 8 tentara biasa.
diatas Taifib ada Denjaka (Datasemen Jala Mengkara). Denjaka adalah satuan gabungan antara personel Kopaska dan Taifib Korps Marinir TNI-AL. konon ktnya 1 org denjaka = 5 org taifib.
Jadi klo kopassus aja bisa jd pasukan terbaik no 3 di dunia, gmn dg special force Taifib, Kopaska (Pasukan katak), & Denjaka??? belum lg dibahas dengan pasukan elite dr aU yg juga ga pernah ter expose???
jumlah pasukan elite tersebut memang tdk pernh di expose krn pasukan ini memiliki tingkat kerahasiaan yg sangat tinggi.
penggunaan special force tersebut digunakan utk tugas” rahasia pemerintah.
djoeni

Makassar, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#4
Feb 23, 2013
 
nyangar!!!!!
Bocah

Bekasi, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#5
Feb 24, 2013
 
Kamis, 14 Juni 2012

Sebanyak 30 orang prajurit resmi memperkuat pasukan elit Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir TNI AL, setelah menyelesaikan pendidikan khusus selama delapan bulan di Pusat Pendidikan Infantri Marinir Kobangdikal, Surabaya.

Ke-30 prajurit Taifib itu resmi dikukuhkan dalam penutupan Pendidikan Intai Amfibi angkatan ke-38 di Lapangan Komando Pendidikan Marinir, Gunungsari, Surabaya, Kamis. Harap diketahui, rekrutmen calon anggota Taifib bukan atas penunjukan atasan namun suka-rela dan komandan satuan memberi rekomendasi alias ijin.

Program pendidikan pasukan elit TNI AL itu sebenarnya diikuti 36 prajurit. Enam orang prajurit dinyatakan tidak lulus dan tidak memenuhi kualifikasi sehingga dikembalikan ke kesatuannya.

Sedangkan ke-30 prajurit yang lulus, sementara dikembalikan ke kesatuan asal sambil menunggu penempatan ke kesatuan baru, yakni Batalion Taifib-1 Marinir Surabaya dan Batalion Taifib-2 Marinir di Jakarta.

"Pendidikan Intai Amfibi bertujuan menyiapkan prajurit pilihan dalam tugas pengintaian dan penyelidikan dalam operasi amfibi dan operasi lain," kata Komandan Kodikmar Kolonel (Mar) Hasanuddin, dalam amanat yang dibacakan Wakil Komandan Kodikmar Kolonel (Mar) Lasmono.

Korps Marinir Amerika Serikat memiliki satuan sejenis ini yang bertanggung jawab atas pengintaian di belakang garis musuh, intelijen, penyiapan jalur pendaratan dan penyerbuan hingga jalur untuk meninggalkan arena. Tidak kalah penting adalah demolisi instalasi penting musuh.

Dari seluruh negara ASEAN, cuma Indonesia yang memiliki korps marinir. Operasi pendaratan amfibi merupakan satu dari dua operasi militer masif yang paling rumit; satunya lagi adalah operasi gabungan udara-lintas udara.
Raider

Medan, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#6
May 2, 2013
 
Ngarang kau, Kopassus tu yang lebih hebat, Taifib tu ga ada apa2 dibanding Kopassus, buktinya Taifib tu mau di Bazooka ama Kopassus tahun 64, untung ada LB Moerdani kalo ga udah rata tu markas Marinir di Hajar Kopassus
silent

United States

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#7
May 18, 2013
 
kau yg ngarang.cuma butuh 1 orang suud untuk hancurkan 1group kopassus..dan ingat kopassus gak ad apa2ny dibanding kostrad dimedan tempur.kopassus.kopaska(pasuka n khususny pelaut).cuma tentara koran
peace

United States

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#8
May 18, 2013
 
mereka semuany hebat...apalagi jika digabung.kopassus.marinir.pask has...= negara aman..
peace

United States

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#9
May 18, 2013
 
mereka adalah prajurit2 yang terbaik...semuany hebat...untuk indonesia
Raider

Medan, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#10
Jun 18, 2013
 
Hei Kambing..... kau baca dulu sejarah.. tahun 64 tu terjadi clash antara Anggota RPKAD (Kopassus) dengan Anggota Kipam (sekarang Taifib), markas KKO (Marinir) dulunya di kwini hampir saja di Bazooka ama Kopassus, untung waktu itu ada Jenderal LB Moerdany dari Kopassus yang bisa mencegah Aksi Anggota Kopassus, jika waktu itu tidak ada LB Moerdany sudah rata tu markas Marinir di hajar Kopassus.. kau bilang suud Rusli bisa hancurkan 1 group kopassus, makan apa kau semalam LOL..
andi

Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#11
Jul 1, 2013
 
masalah kekuatan tempur kita jgn di permasalahkan seperti anak kecil saja. justru kita dukung apalagi kalau digabung jadi lebih hebat dari negara manapun. jagalah persatuan dan kesatuan bangsa.
ian

Mataram, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#12
Jul 2, 2013
 
kenapa pada ribut,semua pasukan elit indonesia adalah putra terbaik indonesia. yang menjaga kedaulatan NKRI, sikat negara tetangga yang yang mau macam-macam.......
august

Shah Alam, Malaysia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#13
Jul 18, 2013
 
Semua prajurit kita memang handal......slamat berjuang......
aremahigam

Jeddah, Saudi Arabia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#14
Jul 19, 2013
 
begitulah, kalo gk ada musuh teman sendiri jd musuh. kalo ada musuh akan bersatu mengalahkan bersama sama.
marinir

Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#15
Jul 19, 2013
 

Judged:

1

Raider wrote:
Hei Kambing..... kau baca dulu sejarah.. tahun 64 tu terjadi clash antara Anggota RPKAD (Kopassus) dengan Anggota Kipam (sekarang Taifib), markas KKO (Marinir) dulunya di kwini hampir saja di Bazooka ama Kopassus, untung waktu itu ada Jenderal LB Moerdany dari Kopassus yang bisa mencegah Aksi Anggota Kopassus, jika waktu itu tidak ada LB Moerdany sudah rata tu markas Marinir di hajar Kopassus.. kau bilang suud Rusli bisa hancurkan 1 group kopassus, makan apa kau semalam LOL..
kau jgn banyak omong wedus....kalu berani sekarang kita main....
marinir

Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#16
Jul 19, 2013
 
TNI AD sok hebat,sok yg paling hebat,arogan,brutal,tidak disiplin,penghianat......
LFE

United States

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#17
Jul 22, 2013
 
kejadian 64 cuma sejarah. kejadian itu karena adanya the hidden hand (usa) yg takut dgn kemampuan kopassus & taifib yg melebihi kemampuan elite forces usa dan inggris, bahkan pada tahun2 sebelumnya negara uni soviyet ( sekarang russia) mengirim pasukan indo tersebut ke soviyet untuk melakukan transfer ilmu dan menerapkan/ mendoktrin strategi filosofi ke pasukan2 soviyet. dan pasukan soviyet yg telah mendapatkan ilmu tersebut menerapkan atau mentransfernya ke pasukan vietnam utara pada saat perang vietnam. dan hasilnya pasukan usa babak belur di vietkong.. dan tak ada yg tahu dari mana pasukan indo belajar dari pengalaman dan strategi (konon sejak zaman perang2 jaman geriliya melawan penjajahan belanda hingga ilmu militer dari penjajah jepang). back to topix..., itu sebabnya usa ingin mengacaukan kekuatan pasukan elite indonesia tapi gagal. tak lama berselang pd thn 70 ir. soekarno lengser (gosipnya karena ada campur tangan usa ikut menjatuhkan soekarno) oh iya ada rumor, pemberontakan PKI sebenarnya adanya antek2 USA bertopeng PKI. dan hingga saat ini usa masih mencoba melemahkan pasukan indonesia dgn menggunakan strategi perang asymetris... secara tak langsung.
oleh sebab itu kejadian 64 harus kita jadikan pelajaran, bahwa sebenarnya saat itu kita hampir dihancurkan oleh usa.
Darat

Boardman, OR

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#18
Jul 26, 2013
 
Marinir memang hebat dan diakui rakyat
Darat

Boardman, OR

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#19
Jul 26, 2013
 
Marinir memang hebat dan dipercaya rakyat
Darat

Boardman, OR

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#20
Jul 26, 2013
 
Mar raider sok tau sok pinter kerjanya cuma duduk make kaca mata di komputer.jarang satgas tempur

Tell me when this thread is updated: (Registration is not required)

Add to my Tracker Send me an email

First Prev
of 18
Next Last
Type in your comments below
Name
(appears on your post)
Comments
Characters left: 4000

Please note by clicking on "Post Comment" you acknowledge that you have read the Terms of Service and the comment you are posting is in compliance with such terms. Be polite. Inappropriate posts may be removed by the moderator. Send us your feedback.

25 Users are viewing the East Timor Forum right now

Search the East Timor Forum:
Title Updated Last By Comments
Selamat Datang di Kota Metropolitan Dili, Timor... (Feb '12) Wed hermawan 656
BNI Segera Buka Cabang di Tiga Kota Arab Saudi (Feb '13) Wed pak doni 8
warga indonesia serangan jantung melihat TL per... (Aug '13) Wed hhhhh 52
TIMOR-LESTE BUKAN BAGIAN indog Jul 22 cipi-cipi rarahe 2
prediksi togel (Jan '14) Jul 20 ibu purnama malaysia 13
maluku, papua, aceh: rame2 yuuk merdeka dari i... (Jul '10) Jul 19 Hjr 65
kemerdekaan papua dan aceh semakin dekat.....ay... (Aug '13) Jul 18 dede 178
•••
•••